Zodia Sebagai Tanaman Obat Keluarga

 ZODIA




Zodia (Evodia sauveolens) adalah tumbuhan yang masih tergolong dari suku jeruk-jerukan (Rutacea) dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, tapi kini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai sebagai media untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh.

Tanaman zodia banyak menyebar dan mampu hidup pada ketinggian antara 400-2000 meter dari permukaan laut sebagaimana halnya di pedalaman Memberamo, Papua tempat tanaman ini pertama ditemukan. Pada umumnya tanaman ini ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, namun zodia dapat juga ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah.

Nama lain                    : Zodia

Tanaman Asal             : Evodia suaveolens.

Keluarga                     : Rutaceae

Zat berkhasiat Utama  : Menurut penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari dari daun tanaman zodia mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%). Linalool sendiri dikenal sebagai pengusir nyamuk dan Adanya senyawa evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai serangga.

Penggunaan                 : Pengusir Nyamuk, dan Menghilangkan bau badan

Pemerian                     : Bau Khas Aromatis

Tanaman ini sangat mudah diperbanyak, yaitu melalui biji dan stek ranting. Biasanya apabila kita sudah memiliki tanaman yang sudah berbunga dan berbiji, maka bijinya akan jatuh dan tumbuh disekitar tanaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pucuk Merah Sebagai Tanaman Obat Keluarga

Kembang Sepatu Sebagai Tanaman Obat Keluarga

Sri Rejeki Sebagai Tanaman Obat Keluarga